Jumat, 14 November 2014

FUNGSI MITOKONDRIA

    Fungsi Mitokondria
Sekarang kita tahu bagian-bagian dari mitokondria, mari kita memahami fungsi penting dari organel ini. Salah satu fungsi utama dalam mitokondria sel adalah respirasi selular. Jadi apa respirasi seluler setelah semua? Ini adalah proses kimia melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Energi yang digunakan dalam pemecahan glukosa disediakan oleh molekul ATP. Dan molekul ATP diproduksi oleh sel ini organel. Seluruh proses respirasi selular aerobik adalah 3 langkah proses. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:
·         Glikolisis: Istilah glikolisis sendiri berarti Memisahkan “gula”. Ini adalah tahap pertama dari respirasi selular. Glukosa adalah gula enam karbon. Enzim-enzim dalam matriks sitoplasma memulai glikolisis di mana molekul glukosa dioksidasi menjadi 2 molekul gula tiga karbon. Produk glikolisis adalah dua molekul ATP, dua molekul asam piruvat dan dua NADH (Nicotinamide adenine dinucleotide) molekul (molekul yang membawa elektron)
·         Siklus Asam Sitrat: ini adalah fase kedua dari respirasi selular. Siklus Asam Sitrat juga dikenal sebagai Siklus Krebs. Tiga molekul karbon yang telah diproduksi sebagai hasil dari glikolisis diubah menjadi senyawa asetil. Namun, reaksi perantara dari proses ini menghasilkan molekul ATP energi dan NAD dan FAD (flavin adenin dinukleotida) molekul juga. NAD dan molekul FAD yang jauh berkurang dalam siklus Kerb untuk elektron energi tinggi.
·         Transportasi Elektron: Rantai transpor elektron didasari dari serangkaian pembawa elektron yang dihasilkan dalam membran mitokondria, dari siklus Krebs itu. Molekul-molekul ATP selanjutnya dihasilkan oleh reaksi kimia dari molekul pembawa elektron. Sebuah sel eukariotik menghasilkan sekitar 36 molekul ATP setelah respirasi selular.
Fungsi lainnya termasuk:
·         Sel sinyal untuk neuron
·         mengelola apoptosis
·         Mengontrol siklus sel
·         pemantauan Diferensiasi sel pertumbuhan dan perkembangan
Subyek fungsi seluler, seperti fungsi dan struktur mitokondria cukup menarik sebagai salah satu semakin untuk memahami seluk-beluk di dalam tubuh kita dan bagaimana fungsi tubuh pada tingkat sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar